Senin, 06 Oktober 2014

Analisa Star Schema

Mengapa menggunakan Star Schema?
Menurut Lane (2005, pp. 19-3), kelebihan utama dari star schema adalah bahwa star schema:
  • Menyediakan pemetaan langsung dan intuitif antara entitas-entitas bisnis yang sedang dianalisa oleh end users dan desain schema.
  • Menyediakan performa teroptimasi untuk star query umum.
  • Didukung oleh banyak business intelligence tools, yang dapat melakukan antisipasi atau bahkan membutuhkan agar schema data warehouse berisi tabel-tabel dimensi.
Skema yang digunakan untuk pemodelan data dimensional adalah star schema dimana terdapat
satu tabel fakta dan beberapa tabel dimensi. Alasannya adalah proses query yang lebih ringan
dan memudahkan penjelajahan terhadap data dimensinya. Tabel fakta yang terbentuk dari perancangan data warehouse ini merupakan tabel yang berhubungan dengan pemetaan daerah rawan bencana dan atribut lainnya yang berfungsi sebagai informasi pendukung.





Star schema merupakan desain skema tabel dimana terdapat sebuah tabel fact dengan n-dimensi berada di tengah tengah yang berfungsi sebagai penghubung tabel tabel dimensi yang ada. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan star schema,yaitu untuk perfomansi sistem,star schema lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan skema yang lainnya,hal ini dikarenakan pengunaan tingkat join antar tabel dimensi dan tabel fact yang sedikit sehinnga memudahkan sistem untuk melakukan suatu operasi agreasi,sedangkan permasalhan yang timbul ialh munculnya redudansi di dalam tabel dimensi Contohnya pada tabel dimensi lokasi,field city akn mengalami penulisan berulang pada jalan (street) yang berbeda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar