Kamis, 18 Desember 2014

PSIT


Tentang Mata Kuliah Perancangan Sistem Informasi Terstruktur Dosen Bapak Sholiq, S.T., M.Kom., M.SA.

semester ini saya mengikuti kuliah Perancangan Sistem Informasi Terstruktur (baca:PSIT), berikut yang dapat saya tuliskan dalam blog saya :
Definisi  sistem terstruktur adalah proses menguraikan sebuah program secara detail sehingga lebih mudah dipahami dan dapat di temukan sebuah solusi untuk memecahkan masalah suatu program.Sistem Terstruktur adalah salah satu bentuk pendekatan formal yang pertama dalam sistem informasi. Analisis ini terfokus pada aliran data, proses bisnis dan perangkat lunak.
Analisis terstruktur adalah metode pemodelan klasik. Dimana analisis terstruktur ini merupakan aktifitas pembangunan model.
Berikut cara dalam perancangan sistem informasi terstruktur, diantaranya :
  • 1.      Conceptual Data Model (CDM)
  • 2.      Physical Data Model (PDM)
  • 3.      Context Diagram
  • 4.      Pemodelan Data Flow Diagram (DFD)
  • 5.      Desain Graphical User Interface (GUI)

Berikut ini Penjelasan detailnya

Conceptual Data Model atau biasa di sebut CDM. CDM memodelkan struktur logis dari keseluruhan aplikasi data, tidak tergantung pada software atau pertimbangan model struktur data. CDM yang valid dapat dikonversi ke PDM atau OOM. CDM dalam penerapannya dapat di samakan dengan ERD yang fungsinya memang sama yaitu memodelkan struktur logik dari basis data. CDM dipakai untuk menggambarkan secara detail struktur basis data dalam bentuk logik. CDM terdiri dari objek yang tidak diimplementasikan secara langsung kedalam basis data yang sesungguhnya.

Ø  LANGKAH – LANGKAH UNTUK MEMBUAT CDM
-          Pahami terlebih dahulu inti   permasalahan dari kasus yang diberikan,
-          Tentukan entity apa saja yang terlibat.
-          Tentukan atribut-atribut data untuk setiap entity berikut tipe datanya.
-          Tentukan hubungan/keterkaitan antar tiap entity berikut kardinalitasnya.
-          Modelkan Entity dan Relationship
-          Cek kebenaran model
-          Perbaiki setiap error dan warning

Ø   JENIS – JENIS OBJEK DALAM CDM
  • Entity : Untuk membuat entitas, klik item pada palette dengan label Entity, kemudian klik space putih di sebelah kanan. Untuk membuat beberapa entitas, klik terus sebanyak jumlah entitas yang dibutuhkan.
  • Relationship : Untuk membuat relasi antara 2 buah entitas, klik item pada palette dengan label Relationship, kemudian hubungkan kedua entitas. Beri nama pada relasi yang sudah anda buat dengan melakukan double klik pada relasi dan mengisi nama pada fieldName pada tab General.
  • Inheritance : Untuk membuat inheritance dari sebuah entitas, terlebih dahulu buat entitas-entitas lain yang merupakan child dari entitas parent. Lalu klik item pada palette dengan label inheritance, hubungkan entitas parent dengan salah satu entitas child. Untuk menghubungkan entitas child yang lain, tarik garis antara lambang inheritance (bentuk setengah lingkaran) dengan entitas child. Kemudian beri nama pada inheritance anda

PENGERTIAN PDM
Physical Data Model atau yang biasa disebut PDM. PDM merupakan representasi fisik dari database yang akan dibuat dengan mempertimbangkan DBMS yang akan digunakan. PDM dapat dihasilkan (di-generate) dari CDM yang valid. PDM dalam penerapannya dapat di samakan dengan Skema Relasi yang fungsinya adalah memodelkan struktur fisik dari suatu basis data.Merupakan gambaran secara detail suatu basis data dalam bentuk fisik. PDM memperlihatkan struktur penyimpanan data yang benar pada basis data yang digunakan sesungguhnya.

Ø   LANGKAH – LANGKAH UNTUK MEMBUAT PDM
-          Buka file CDM yang sudah jadi.
-          Dari Tools pilih Generate Physical Data Model. Pilih DBMS yang akan digunakan.
-          Setelah klik OK, PDM akan di generate secara otomatis.
-          Tambahkan atribut pada tabel baru yang dihasilkan (jika ada).

Ø  JENIS – JENIS OBJEK DALAM PDM
-          Table
-          View
-          Reference

Diagram Konteks adalah aliran yang memodelkan hubungan antara sistem dengan entitas luar di luar sistem, yang direpresentasikan dengan lingkaran tunggal yang mewakili keseluruhan siklus. Aliran dalam diagram konteks memodelkan masukan ke sistem dan sistem harus memberikan respon untuk menggambarkan transportasi antar sistem dan entitas luar.

Diagram Konteks menyoroti sejumlah karakteristik penting sistem yaitu:

Kelompok pemakai (User), organisasi atau sistem lain, dimana sistem kita melakukan komunikasi yang disebut juga sebagai terminator.
Data masuk (input), data yang diterima sistem dari lingkungan dan harus diproses dengan cara tertentu.
Data keluar (output), data yang dihasilkan sistem kita dan diberikan ke dunia luar.
Penyimpanan data (data store), yang digunakan secara bersama antara sistem kita dengan terminator. Data ini dapat dibuat oleh sistem dan digunakan oleh lingkungan atau sebaliknya.
Batasan antara sistem dan lingkungan (rest of the world).

Diagram Konteks adalah aliran yang memodelkan hubungan antara sistem dengan entitas luar di luar sistem, yang direpresentasikan dengan lingkaran tunggal yang mewakili keseluruhan siklus. Aliran dalam diagram konteks memodelkan masukan ke sistem dan sistem harus memberikan respon untuk menggambarkan transportasi antar sistem dan entitas luar.

Diagram Konteks menyoroti sejumlah karakteristik penting sistem yaitu:

Kelompok pemakai (User), organisasi atau sistem lain, dimana sistem kita melakukan komunikasi yang disebut juga sebagai terminator.
Data masuk (input), data yang diterima sistem dari lingkungan dan harus diproses dengan cara tertentu.
Data keluar (output), data yang dihasilkan sistem kita dan diberikan ke dunia luar.
Penyimpanan data (data store), yang digunakan secara bersama antara sistem kita dengan terminator. Data ini dapat dibuat oleh sistem dan digunakan oleh lingkungan atau sebaliknya.
Batasan antara sistem dan lingkungan (rest of the world).

Data Flow Diagram (DFD)
Pengertian Data Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafik dari sebuah sistem. DFD menggambarkan komponen – komponen sebuah sistem, aliran-aliran data di mana
komponen – komponen tersebut, dan asal, tujuan, dan penyimpanan dari data tersebut. DFD dapat digambarkan dalam Diagram Context dan Level n. Huruf n dapat menggambarkan level dan proses di setiap lingkaran.

Diagram Zero (diagram level 1) Diagram ini dibuat untuk menggambarkan tahapan proses lebih terperinci dari diagram kontek.

Diagram Primitif / Detail ( diagram level 2 ) Diagram ini dibuat untuk menggambarkan arus data secara lebih mendetail lagi dari tahapan proses yang ada di dalam diagram nol.

Komponen DFD
Ada 4 simbol yang digunakan dalam DFD yaitu : Terminator / Kesatuan Luar Terminator mewakili entitas eksternal yang berkomunikasi dengan sistem yang sedang dikembangkan. Komponen terminator digambarkan sebagai berikut :

        Proses (Process)
      Suatu kegiatan sistem yang mentransformasikan dari masukkan ke keluaran. Komponen Proses           digambarkan sebagai berikut :

       Simpanan Data (Data Store)
       Simpanan data merupakan simpanan dari data yang dapat berupa :
- suatu file database
- suatu arsip atau catatan manual

pengertian GUI
GUI atau singkatan dari Graphical User Interface yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat keras komputer serta memudahkan dalam mengoperasikan sebuah sistem operasi (user friendly). GUI adalah sarana penghubung antara si pengguna ( User ) dengan apa yang digunakannya.
pengertian GUI
GUI atau singkatan dari Graphical User Interface yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat keras komputer serta memudahkan dalam mengoperasikan sebuah sistem operasi (user friendly). GUI adalah sarana penghubung antara si pengguna ( User ) dengan apa yang digunakannya.
Jadi, GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan suatu program aplikasi


              


 .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar